Tuesday, January 14, 2020

Apa Itu Password?


Menurut MalamNgoding password adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut. Namun secara teknis password adalah system yang digunakan untuk verifikasi pengguna.
Pada zaman seperti sekarang ini metode verifikasi sudah lebih ditingkatkan lagi, tidak hanya dengan menggunakan password namun dengan menggunakan metode verifikasi biometric seperti fingerprint, face detection, sound recognition atau bahkan retina atau eye recognition.

Penggunaan verifikasi biometric belum bisa menggantikan peran dari password dalam metode verifikasi pengguna, karena dengan melakukan pemaksaan terhadap pengguna metode verifikasi biometric sebuah system dapat diakses dengan segera, sedangkan dengan metode password seseorang harus benar – benar mengetahui struktur dari kata atau bahkan kalimat yang digunakan sebagai password.

Metode verifikasi dengan menggunakan password bukan berarti tanpa celah, ketidak pedulian seseorang dalam menjaga kerahasiaan data ini menjadi penyebab dari kebocoran password miliknya. Oleh sebab itu juga beberapa system menggunakan standar yang cukup rumit dalam penerapan passwordnya, mulai dari penggunaan captcha sebagai verifikasi tambahan, hingga penggunaan OTP (One Time Password) atau lebih dikenal dengan istilah token.

  1. Password mudah terbaca oleh orang lain.
  2. Kebocoran data akibat peretasan.
  3. Turunnya kepercayaan konsumen akibat kebocoran data.
  4. Tersebarnya data pribadi.
  5. Penyalah gunaan account.


Menyepelekan kompleksitas dari sebuah password dapat menyebabkan hal fatal yaitu :
Oleh sebab itu kerahasiaan dari sebuah password sangat perlu dijaga dan penerapan password yang kompleks juga perlu dilakukan.

Demikian Apa Itu Password?, malamngoding berharap teman-teman dapat tau tentang Apa Itu Password?, untuk pertanyaan bisa ditulisakan dikolom komentar.

Terima kasih.

Load comments